Loading...

Jumat, 14 Mei 2010

Pengertian Masjid

Masjid berasal dari bahasa arab, Sajada yang berarti tempat sujud atau tempat menyembah kepada Alloh SWT. Bumi yang kita tempati ini adalah Masjid bagi kaum muslimin, setiap muslim boleh melakukan sholat di wilayah manapun di bumi ini, terkecuali di atas kuburan, di tempat yang bernajis, dan di tempat-tempat yang menurut ukuran syariat Islam tidak sesuai untuk di jadikan tempat sholat.


Rosululloh SAW bersabda :

“ Setiap bagian dari bumi Alloh adalah tempat sujud ( Masjid )”. (Hr. Muslim).


Pada hadits yang lain Rosululloh bersabda pula :

“Telah di jadikan bagi kita bumi ini sebagai tempat sujud dan keadaanya bersih”.
(HR. Muslim ).

Masjid tidak bisa di lepaskan dari masalah sholat, berdasarkan sabda Nabi SAW, diatas, setiap orang bisa melakukan melakukan sholat dimana saja , di rumah , di kebun, di jalan, di kendaraan, dan tempat lainnya. Selain itu masjid juga merupakan tempat berkumpulnya orang-orang untuk melakukan sholat secara berjamaah , dengan tujuan meningkatkan , solidaritas , silahturahmi dikalangan kaum muslimin dan juga sebagai sarana untuk menuntut ilmu.

Di masa Nabi Muhammad SAW ataupun dimasa sesudahnya , masjid menjadi pusat atau sentral kegiatan kaum muslimin dalam berbagai kegiatan. Baik di bidang kepemerintahan yang mencakup, idiologi, politik, ekonomi, social, peradilan, dan kemiliteran maupun kegiatan syiar dan da’wah. Masjid berfungsi pula sebagai pusat pengembangan kebudayaan Islam, terutama saat gedung-gedung khusus untuk itu belum didirikan. Masjid juga merupakan ajang khalaqoh atau diskusi, tempat mengaji, dan memperdalam ilmu-ilmu pengetahuan baik agama ataupun pengetahuan umum.

Kalau saja tidak ada kewajiban sholat, tentu tidak ada yang bernama Masjid di dalam Islam , memang sholat sudah disyariatkan pada awal kelahiran Islam. Akan tetapi pada waktu itu sholat masih dilakukan secara sembunyi – sembunyi di rumah-rumah karena pada waktu itu kondisi umat Islam masih dalam tekanan orang kafir Quraisy dari penduduk mekkah.
close
close