Loading...

Sabtu, 01 Mei 2010

Sejarah Singkat STAI-PTDII

Perguruan Tinggi Da'wah Islam (PTDI) adalah lembaga pendidikan tinggi formal dibawah badan hukum Yayasan Pesantren Islam (YAPIS). PTDI didirikan sejak tahun 1962 dengan SK (Surat Keputusan) Departemen Agama RI No. B-II/A-J/PTA/1962 tanggal 15 januari 1962 dalam status terdaftar.

Lembaga ini dulu bernama ADI (Akademi Da'wah Islam). Dalam rangka pengembangan aspek keilmuan dan profesionalitas, pada tahun 1970 dirubah menjadi PTDI. Pada tahun 1994, sebagai upaya penyesuaian legalitas akademi, ditetapkanlah PTDI sebagai Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI). dengan tanpa menghilangkan nama PTDI karena sudah menjadi Icon (simbol) selama ini, maka nama lembaga ini menjadi STAI-PTDII dengan SK Dirjen pendidikan Islam No. 1222 Tahun 2012).

STAI-PTDI saat ini memiliki tiga Program studi yaitu Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Muamalat (Ekonomi Syari'ah) dan Alhamdulillah semua program studi telah terakreditasi BAN-PT.

Kegiatan rutin yang diselenggarakan dalam kampus PTDI cukup padat, karena kampus PTDI terkondisi pada suasana hubungan masyarakat yang dinamis, meliputi  kegiatan formal dibawah YAPIS, dari Madrasah Tsanawiyah (SLTP), Madrasah Aliyah (SLTA) Kepesantrenan serta STAI-PTDI. Komunikasi masyarakat yang berkaitan dengan aspek keagamaan terakomodir di Masjid Al-Istiqomah sebagai masjid kampus PTDI dengan berbagai kegiatan, diantaranya kajian-kajian keislaman yang terhimpun dalam majlis Ta'lim Al-Aqobah dan IKWAM (Ikatan Wanita Muslimah). PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) juga menjadi salah satu pelayanan pengabdian masyarakat dalam spesifikasi dibidang keislaman seperti bimbingan baca tulis al-qur'an, kursus bahasa arab, kursus khutbah, pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan lain-lain.


close
close