SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU TAHUN 2020/2021

Senin, 02 Desember 2019

EKSISTENSI KOMUNITAS YAHUDI KETURUNAN DI JAKARTA (Studi Tentang Komunitas UIJC (The United Indonesian Jewish Community)

Karmuji Abu Safar, M.Ag. (Dosen STAI PTDII) | Komunitas Yahudi adalah salah satu komunitas agama minoritas yang ada di Indonesia. Komunitas Yahudi sudah  ada sejak masa penjajahan, namun banyak dari komunitas pada masa itu sudah dibubarkan. Saat ini, ada salah satu komunitas Yahudi yang masih eksis di Jakarta salah satunya komunitas yang  bernama UIJC (The United Indonesian Jewish Community).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan dari komunitas Yahudi yang ada di Indonesia ini. Terutama dalam mengetahui apa dan bagaimana komunitas ini hidup dalam   lingkungan stereotifikasi yang banyak ditujukan kepada kaum Yahudi.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Penulis melakukan penelitian kualitatif ini melalui studi pustaka serta wawancara yang melibatkan seorang Rabbi serta pemimpin dari pada komunitas UIJC. pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan historis dan sosiologis, pendekatan historis penulis gunakan untuk mempelajari dan meneliti  asal muasal Yahudi sebagai agama dan suku masuk dan berkembang di Indonesia, adapun pendekatan sosiologis penulis gunakan bermaksud untuk melihat interaksi umat Yahudi dengan lingkungan  sekitar.

Berdasarkan   hasil   wawancara   dengan   Rabbi   Benjamin,   didapatkan beberapa point penting tentang toleransi keberagamaan, hukum di Indonesia, kehidupan sosial dan pandangan terhadap agama lain serta struktur komunitas yang menaungi UIJC.

Selanjutnya ...
close
close