SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU TAHUN 2020/2021

Senin, 30 November 2020

Puluhan Pemuda Jakarta Utara Ikuti Pelatihan Public Speaking di PTDI



Dalam rangka meningkatkan kemampuan berbicara di depan publik, Yayasan Indonesia Prestasi Mandiri (IPM) bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Perguruan Tinggi Dakwah Islam Indonesia (STAI-PTDII) menggelar pelatihan public speaking. Pelatihan diikuti puluhan pemuda dan remaja se-Jakarta Utara dari berbagai organisasi dan lembaga.



Instruktur pelatihan, Noviyani Nuraeni menyampaikan manfaat mengikuti pelatihan public speaking ini agar melatih percaya diri dan persiapan yang baik. Selain itu, peserta diharapkan mampu memahami teknik yang harus dimiliki public speaker.



"Semua orang dapat maju ke depan, tapi berbeda antara yang pernah berlatih public speaker dan tidak. Perbedaannya adalah teknik berbicara yang membuat audiens terpukau ketika melihat di atas panggung," ujar dia.



Alumnus magister Universitas Mercu Buana ini memberikan beberapa tips dan trik agar dapat tampil memukau di depan publik. Teknik ini penting dipelajari agar suasana menjadi lebih dinamis dan hidup.



"Di antaranya perlu belajar teknik vokal, pernafasan, gesture (bahasa tubuh), dan ekspresi wajah agar dapat memukau audiens. Jika keempat hal ini dikuasai, Insya Allah akan tampil prima di hadapan banyak orang," katanya.



Pada kesempatan sama, Ketua Yayasan IPM Syifa Awalia menuturkan bahwa public speaking bukan sekadar passion, tetapi menjadi kebutuhan setiap orang. Siapapun memerlukan kepiawaian ini agar mudah sosialiasi dengan orang lain.



"Setiap kita sebenarnya adalah seorang marketing, ketika Anda berbicara kepada orang dan menyebutkan darimana Anda berasal, maka sebenarnya Anda sedang memerankan sebagai marketer. Nah, marketer perlu memahmi teknik public speaking agar pesan sampai dengan baik," ujar Syifa.

close
close