SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU TAHUN 2020/2021

Rabu, 16 Desember 2020

STAI-PTDII Gelar Webinar Nasional

Sebagai impelementasi Tri Darma Perguruan Tinggi, Sekolah Tinggi Agama Islam-Perguruan Tinggi Da'wah Islam Indonesia (STAI-PTDII) menyelenggarakan webinar nasional pendidikan Islam. Pembantu Ketua (Puket) satu, Supani Adi Priyono menyampaikan, pihak kampus sebelum Covid-19 menjadi pandemi rutin menyelenggarakan seminar nasional.



"Webinar ini selain menambah wawasan juga memerkuat nilai tambah dosen, terutama dosen-dosen yang ingin meningkatkan pangkat akademik dan sertifikasi. Tetapi webinar ini juga terbuka untuk umum," ujar Adi di kampus STAI-PTDII, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (16/12).



Sesuai karakter kampus dakwah, Adi mengutarakan tema webinar nasional Kamis (17/12) besok adalah 'Tantangan Pendidikan Islam di Tengah Arus Liberalisasi'. Tema ini diambil karena dakwah dan pendidikan adalah satu kesatuan dan saling melekat.



"Salah satu tujuan pendidikan dalam Undang-Undang Dasar kita adalah menjadikan peserta didik berakhlak mulia, nah akhlak mulia merupakan bagian dari da'wah bil hal (dakwah dengan perilaku)," ujarnya.



Lebih lanjut, kandidat doktoral Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung ini mengatakan bahwa tantangan pendidikan dan dakwah saat ini dipengaruhi oleh arus utama global yang sangat liberal. Misalnya, kata Adi, dalam webinar tersebut akan dibahas konsep-konsep pendidikan yang tidak sesuai dengan Islam.



"Contohnya tentang berpakaian saja yang kadang kala menjadi pro kontra, kemudian di bidang akademik banyak kampus-kampus tidak sesuai Tri Darma Perguruan Tinggi. Kalau perguruan tinggi Islam, seperti perguruan tinggi Muhammadiyah ditambah dakwah, sehingga namanya menjadi catur," kata dia.



Webinar akan menghadirkan Prof Dr Supriyanto dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Dosen Universitas Ibnu Khaldun Dr Ahmad Sastra. Ketua STAI-PTDII Syifa Awalia didapuk untuk memberikan sambutan sekaligus keynote speach.

close
close