SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU TAHUN 2020/2021

Senin, 11 Januari 2021

Sriwijaya Air SJ 182 Jatuh, Ketua PTDI Sampaikan Ucapan Belasungkawa



Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam-Perguruan Tinggi Da'wah Islam Indonesia (STAI-PTDII), Syifa Awalia menyampaikan belasungkawa dan ucapan empati atas musibah yang dialami seluruh penumpang Sriwijaya Air SJ 182. Dia mendoakan agar keluarga korban diberikan kesabaran dan ketabahan.



"Mudah-mudahan keluarga besar dari penumpang Sriwijaya Air diberikan ketabahan dalam menerima musibah ini. Sebab pada kenyataannya memang kecelakaan itu merupakan sunnatullah yang tidak bisa kita hindari," ujar Syifa di kampus PTDI, Selasa (12/1).



"Ini juga menandakan bahwasanya kematian bisa menjemput kita kapan saja tanpa direncanakan, Maka harus kita terima dengan lapang dada," imbuhnya.



Kandidat doktor muda UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menuturkan bahwa musibah ini menjadi peringatan agar setiap diri terus melakukan muhasabah setiap saat. Ini sebagai bekal ketika mempertanggung jawabkan amalan di hadapan Allah Swt kelak.



"Mudah-mudahan Allah mengampuni dosa para korban Sriwijaya Air dan menempatkannya sebagai orang yang syahid bersama syuhada di sisi-Nya," ucap Syifa.



Pesawat Sriwijaya Air bernomor register PK-CLC dengan nomor penerbangan SJ-182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pada Sabtu,  9 Januari pukul 14.40 WIB dan jatuh di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.



Pesawat jenis Boeing 737-500 itu hilang kontak pada posisi 11 nautical mile di utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang setelah melewati ketinggian 11.000 kaki dan pada saat menambah ketinggian di 13.000 kaki.



Pesawat lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 14.36 WIB. Jadwal itu mundur dari jadwal penerbangan sebelumnya 13.35 WIB. Penundaan keberangkatan karena faktor cuaca.



Berdasarkan data manifest, pesawat yang diproduksi tahun 1994 itu membawa 62 orang terdiri atas 50 penumpang dan 12 orang kru. Mereka adalah 40 orang dewasa, tujuh anak-anak, tiga bayi. Sedangkan 12 kru terdiri atas, enam kru aktif dan enam kru ekstra.

close
close